Macam-macam Kaligrafi Arab

by Asebful on 06:33 PM, 11-Nov-12

Category: Kaligrafi

Assalamu'alaikum wr wb

Melanjutkan postingan sebelumnya Mengenal Seni Kaligrafi Islam , maka pada kesempatan ini akan sedikit mengulas Macam-macam Kaligrafi Arab atau yang disebut dengan Khat

Dalam menulis khat sebenarnya tidak harus menggunakan khat yang dikarang oleh seniman-seniman terdahulu karena menulis khat ini adalah salah satu kesenian jadi kita bebas mengekspresikan kreatifitas kita untuk menulis / melukis suatu karya kaligrafi, akan tetapi tidak boleh merubah makna atau arti dari kaidah huruf dan bahasa arab.

Berikut ini Macam-macam Kaligrafi Arab (mohon maaf jika gambarnya kurang jelas)

1. Khat Khaoufi
khat dari kaligrafi arab jenis ini banyak menggunakan penggaris untuk menulisnya karena sebagian besar hurufnya menggunakan garis lurus.

khaoufi1.jpg

khaoufi2.jpg

2. Khat Naskhi
khat kaligrafi arab model ini banyak digunakan untuk menulis Al-Qur'an maupun kitab kuning karena mudah dibaca , bahkan dijadikan khat standart internasional.

naskhi.jpg

3. Khat Riq'ah
sekilas kaligrafi arab dengan khat ini hampir sama dengan khat naskhi, namun bila dicermati ada beberapa perbedaan.

riqahraihani.jpg

4. Khat Raihani
kaligrafi arab dengan khat ini banyak menambahkan lengkungan pada tiap hurufnya, kha jenis ini banyak digunakan oleh seniman islam di Persia (Iran)

5. Khat Diwani Jali
khat ini juga banyak disukai seniman dari persia, bila sudah menjadi kalimat kadang susah untuk membacanya

diwani-jali.jpg

6. Khat Suluts
khat ini banyak digunakan seniman kaligrafi arab maupun indonesia karena hurufnya indah dan tidak terlalu sulit untuk dibaca, biasanya dipajang ketika ada hajatan

tsulutsfarisi.jpg

7. Khat Farisi
nah kalau khat yang satu ini diperlukan tangan yang terampil dan tidak kaku karena banyak menarik garis semi lengkung yang panjang

8. Khat Diwani
khat diwani dalam kaligrafi arab jarang digunakan karena bukan hanya kalimat yang susah dipahami hurufnya juga susah di hafal , tapi itu jadi suatu tantangan tersendiri

diwani.jpg

Itulah macam-macam kaligrafi arab yang bisa kita pelajari dan Insya Allah akan dibahas satu persatu pada postingan selanjutnya

Demikianlah postingan kali ini, kiranya cukup sekian jika ada kesalahan atau kekurangan saya mohon maaf dan semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr wb

Sumber

google-icon.jpg

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

63 responses to "Macam-macam Kaligrafi Arab"

Cah Sialang [06:53 PM, 11-Nov-12]

pertamax sob...

Amrsite Yandex [07:45 PM, 11-Nov-12]

Nyerah dech gan,bisanya khot saldi (asal dadi).smile

ROAD TO HELL JALAN KE NERAKA [07:47 AM, 12-Nov-12]

Aliran kali grafi memang kaya seni yang luar biasa indahnya. biggrin

ALFY FALLEN [08:39 AM, 12-Nov-12]

Pagi,kunjungan singgah..
mantap kawan, jgn lupa mampir ke gubug derita ane yak, bwt ente,sukses dah

folbeck suksez kawan

Iman Nur Toffa [09:16 AM, 12-Nov-12]

Hadir sob,,!!
..wiiiihhh,, mantap sob postingan'nya,!
.hehehehehehe
..o'nya sob,,jangan lupa KUNBAL'nya,,
Salam SALKOMSEL mwb..!!

Surya Kunta [07:45 PM, 13-Nov-12]

udah ane folback sob biggrin

Akhmad [04:15 AM, 14-Nov-12]

Menurut kamu khat yang mana yang paling baik dari diatas. biggrin

Ribut12 Blog [07:29 AM, 14-Nov-12]

mantap gan,
mapir ke blog ane ya, ada trik telkomsel tembus 100 kB per detik dijaringan EDGE

http://ribut12.heck.in/trik-internet-telkomsel-snc-turbo-kecepa.xhtml

RoviAgus IDMS [10:40 AM, 14-Nov-12]

absen pagi sob, good postingannya..
klo ada waktu mampir balik ke gubuk ane ya, itung2 mempererat tali silaturahim antar blogger mwb..mrgreen

azmi [01:12 PM, 14-Nov-12]

Mantappp bro.

Asebful [06:39 AM, 17-Nov-12]

@Cah Sialang,
Sip

Asebful [06:40 AM, 17-Nov-12]

@Amrsite Yandex,
Hehe sma mas biggrin

Asebful [06:41 AM, 17-Nov-12]

@ROAD TO HELL JALAN KE NERAKA,
Bner jg sob biggrin

Asebful [06:42 AM, 17-Nov-12]

@ALFY FALLEN,
Yupz thanks sob dh mampir

Asebful [06:43 AM, 17-Nov-12]

@Iman Nur Toffa,
Ox sob insya allah kunbal

Asebful [06:44 AM, 17-Nov-12]

@Surya Kunta,
Mksh sob biggrin

Asebful [06:45 AM, 17-Nov-12]

@Akhmad,
Smuanya baik mas dn mempunyai kelebihan msg2 biggrin

Asebful [06:46 AM, 17-Nov-12]

@Ribut12 Blog,
Udh mampir sob biggrin

Asebful [06:46 AM, 17-Nov-12]

@RoviAgus IDMS,
Ox sob

Asebful [06:47 AM, 17-Nov-12]

@azmi,
Tengkyu

bambank [09:32 AM, 17-Nov-12]

begitu indah ktika saya mlhat kaligrafi,thank ya udah brbagi

linkyudi [04:25 PM, 17-Nov-12]

keren sob, ijin save y.

Asebful [07:43 AM, 18-Nov-12]

@bambank,
Ox sob sma2 dh mampir jg smile

Asebful [07:43 AM, 18-Nov-12]

@linkyudi,
Iya slhkan d save mas

Akhmad [06:17 AM, 19-Nov-12]

Dulu saya pernah belajar bikin tulisan kaligrafi waktu di MTSN tapi sekarang udah lupa kaya na. razz

Asebful [08:17 AM, 19-Nov-12]

@Akhmad,
Oh ya?? Bgus tu sob mts ada pljrn kaligrafinya , jrang2 biggrin

Lupa byasanya krn gk ltihan lg , sma ky aku sob biggrin

Rahim Dunia Qubur Barzah Akhirat [01:40 PM, 22-Nov-12]

Orang kuburan datang silaturrahmi lur.

Jika sedulur muslim,mari do'akan saudara kita di Gaza atau Ghoza : garis merah,semoga mereka senantiasa mendapat Rahmat Allah,apabila roh harus meninggalkan jasad semoga meninggal dalam posisi mati syahid.

Kami juga berharap,sahabat berkenan memasang banner link kami di navigation,Insya Allah semua ada hikmahnya terutama buat kami dan pemirsa.

Ma'af comment tidak sesuai materi.

Budi Setiawan [07:08 AM, 23-Nov-12]

lapor ndan follback sudah sukses di jalankan biggrin
silahkan di cek terlebih dahulu untuk kekurangannya smile
ane gak terlalu paham seni kaligrafi gan razz

sarilah ™ [02:38 PM, 23-Nov-12]

waalaikumsalam warohmatullah wabarokatuh
wah ternyata seni kaligrafi banyak macamnya ya tidak cuma satu atau dua tapi ada delapan.trims info kaligrafinya sob.smile

Asebful [09:08 PM, 23-Nov-12]

@Rahim Dunia Qubur Barzah Akhirat,
Amin.
Y gpp sob thanks dh mampir

Asebful [09:10 PM, 23-Nov-12]

@Budi Setiawan,
Ox sob folower dh tmbh biggrin

Asebful [09:15 PM, 23-Nov-12]

@sarilah ™,
Kurang lebihnya delapan mas yang ada di buku kaligrafi biggrin
Sama-sama mas

Muiz [03:41 PM, 26-Nov-12]

Postingan yang bermanfaat gan..
Lanjutkan !!!

DEDE [05:05 PM, 27-Nov-12]

hadir berkunjung sob, ,

kunbal ya
www.de-de.mywapblog.com

Maman [01:28 PM, 29-Nov-12]

suatu artikel yg dpt menambah wawasan tentang seni kaligrafi..

wahyudi [10:06 PM, 30-Nov-12]

mantap bro biggrin

operator hecking indonesia [05:43 AM, 01-Dec-12]

mantap artikelnya masta
SUKSES selalu deh
buat ADMIN
flus idzin kopas

Phreaker Cebol [09:29 PM, 01-Dec-12]

Mantap postingan nya.. Blog nya juga keren..
KUNBAL YA

sarilah ™ [09:46 AM, 02-Dec-12]

assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
wah sudah 3 minggu ga update blog.lagi banyak kerjaan di dunia nyata ya? wink

aguskiyen [07:56 PM, 02-Dec-12]

Kunjungan malam um


Salam damai selalu

Asebful [03:48 PM, 03-Dec-12]

@Muiz,
ox bang

Asebful [03:48 PM, 03-Dec-12]

@DEDE,
thanks sob .

Asebful [03:49 PM, 03-Dec-12]

@Maman,
alhmdlh kalo gt mas biggrin

Asebful [03:49 PM, 03-Dec-12]

@wahyudi,
ciyus miapah? biggrin

Asebful [03:50 PM, 03-Dec-12]

@operator hecking indonesia,
ox mas slhkn dkopas hehe

Asebful [03:51 PM, 03-Dec-12]

@Phreaker Cebol,
mksh mas dh mampir , insya allah aku kunbal

Asebful [03:52 PM, 03-Dec-12]

@sarilah ™,
hehe y begitulah kira2 mas biggrin

Asebful [03:52 PM, 03-Dec-12]

@aguskiyen,
ox sob mksh atas kehadiranya

Kikai L Gazerock [04:56 PM, 03-Dec-12]

Keren2 ya kaligrafi nya... biggrin

Asebful [06:43 PM, 03-Dec-12]

@Kikai L Gazerock,
hehe iya mas biggrin

Indra™ [09:18 PM, 03-Dec-12]

Nice post sob.

DITUNGGU KUNBALNYA YA SOB.
_S1J_

aguskiyen [08:38 AM, 04-Dec-12]

dulu saya juga pernah belajar kaligrafi

βцЛБ КцSдЛ [01:50 PM, 04-Dec-12]

Assalamualaikum..
Susah blajar kaligrafi, ane prnh nyoba tp g bs2 biggrin

http://total-football.mywapblog.com/jelang-laga-real-madrid-vs-ajax-amsterda.xhtml

βцЛБ КцSдЛ [01:51 PM, 04-Dec-12]

Assalamualaikum..
Susah blajar kaligrafi, ane prnh nyoba tp g bs2 biggrin

http://total-football.mywapblog.com/jelang-laga-real-madrid-vs-ajax-amsterda.xhtml

aji pamungkas [04:01 PM, 04-Dec-12]

ikut'n nyimak ea ,, , ,
mntapz bgtz twu kaligrafi'ea ,, ,,
kunbal ea gan ,,

Indra™ [03:42 PM, 05-Dec-12]

Hadir Ndan

ditunggu kunbalnya
Di Blog Bosok Gua Ndanexclaim

Asri_ningtyas.Com [11:51 AM, 19-Dec-12]

Belajarlah selagi kamu masih bisa untuk bljr...
Terima kasih...

Asebful [02:51 PM, 19-Dec-12]

@Asri_ningtyas.Com,
ox sma2

sy alawiyyah baharun [11:25 AM, 11-Feb-13]

mo muthola'ah pljran yg lm terlupakan slama menikah,doain ya ane mo bljr dr awal lg
I LOVE KHAT,sbgi cntaQ pd agama Q

Asebful [03:54 PM, 11-Feb-13]

@sy alawiyyah baharun,
amin. . . .
Smga bermanfaat sya jg msh blajar n trma ksh sdh mampir ksni.

Hisam [11:52 PM, 02-Apr-13]

kunjungan perdana sob,eh tanya sob, khot farisinya itu gambar contohnya gimana ya sobsmile
jangan lupa mampir ya sob smile

http://aljafari.mywapblog.com/rahasia-subdomain-mwb-pada-rengking-alex.xhtml

keyjuyu [01:15 PM, 04-Apr-13]

aku jadi banyak pengetahuan tentang islam

asri_ningtyas.com, [03:49 PM, 04-Apr-13]

indah sekali kaligrafi x

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)