Khat Kufi, Seni Kaligrafi Arab Tertua di Dunia

Di posting oleh Asebful pada 04:05 PM, 05-Dec-12

Di: Kaligrafi

Assalamu'alaikum wr wb

Khat Kufi adalah salah satu macam-macam kaligrafi arab yang tertua di dunia tetapi perkembangannya sangatlah lambat kayak siput, kakek saya pernah bercerita walaupun jalannya lambat si siput bisa mengalahkan si kancil dalam adu lari cepat di sawah, jyahaha malah ngaco ni orang biggrin

Back to topic

setelah datangnya agama Islam barulah khat kufi mengalami kemajuan secara signifikan yang dikembangkan oleh khattat/kaligrafer islam untuk menyalin mushaf Al-Qur'an maupun sebagai media dakwah melalui kesenian ini.

Dinamakan khat kufi karena berasal dari kota kufah (irak) , namun khat ini justru ada sebelum berdirinya kota kufah itu sendiri.
Sebelumnya dikenal dengan sebutan Khat Hieri karena pernah berjaya di kota hirah.
Kelahiran kota Kufah sebagai markas agama dan politik islam secara otomatis telah merubah nama dari khat hieri menjadi Khat Kufi.

Ciri-ciri umum dari Khat ini adalah bersegi, tegak, bergaris lurus dan kelihatan kaku sehingga dalam membuatnya seringkali memerlukan penggaris atau mistar
Berikut ini beberapa jenis Khat Kufi yang berkembang

1. Kufi Basit
Gaya ini sangat sederhana karena hanya menampilkan bentuk pokoknya baik dalam anatomi huruf tunggal maupun cara-cara merangkainya.
klik pada gambar untuk full size

63166_3474662765056_1043571488_n.jpg

2. Kufi Murabba' atau Musattar
Bentuk hurufnya terdiri dari susunan bentuk segi empat dan garis lurus.

558834_3474673445323_1893312998_n.jpg

3. Kufi Mutalasiq
cara menulis kufi ini dengan meninggalkan jarak antara satu huruf dengan huruf sesudahnya, namun lebar huruf-huruf itu sepadan dengan lebar huruf-huruf yang memiliki jarak tetap.

703722_3474755287369_5322992_o.jpg

4. Kufi Muwarraq
Kufi ini dipadukan dengan menambahkan unsur tumbuhan seperti dedauanan.

270082_3478260775004_109481074_n.jpg

5. Kufi Muzakhraf
Hampir sama dengan kufi muwarraq , bedanya kufi ini menambahkan bunga untuk menghiasi ruang kosong.

154460_3474719846483_1472775198_n.jpg

6. Kufi Madhfur
ciri-ciri kufi ini saling menyilang atau terikat

73055_3474665965136_398531960_n.jpg

7. Kufi Muzayyin Nafsah
Kufi jenis ini ditulis secara memanjang memenuhi ruang kosong dan berdekatan antara satu sama lain.

309204_3474722166541_326730599_n.jpg

8. Kufi Muta'assir bil Rasm
Kufi yang satu ini hampir dipenuhi lukisan secara keseluruhan sehingga tulisannya nyaris tidak kelihatan.

556822_3474825849133_1601705113_n.jpg

Selain jenis kufi di atas masih banyak lagi jenis-jenis khat kufi yang ada seperti kufi Musyakkal, kufi Andalusi, kufi Fatimi, kufi Ayubi, kufi Mamluki dan lain-lain

Demikianlah sedikit tentang Khat Kufi, cikal bakal dari khat-khat yang lain, kiranya cukup sekian dan terima kasih serta mohon maaf jika ada salah kata, semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum wr wb.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

19 tanggapan untuk "Khat Kufi, Seni Kaligrafi Arab Tertua di Dunia"

Maman pada 04:37 PM, 05-Dec-12

Kufi Muzakhraf adalah yang paling saya suka, kang..
Terlihat mantap dalam foto diatas..

Budi Setiawan pada 05:27 PM, 05-Dec-12

cuman bsa komen aja sob smile
coz tulisannya gak keliatan biggrin

wahyudi pada 10:31 PM, 05-Dec-12

kunjungan malam biggrin
mantap postingannya sob mrgreen

fauzans pada 03:31 AM, 06-Dec-12

wah seni kaligrafi emang menarik

saya izin follow blognya
salam silaturahmi

Kholiq JuvEnt pada 05:41 AM, 06-Dec-12

Wah ane suka 2h ma yg muwarraq . . .
Udah q folback sob

Ilucx Osd pada 11:00 AM, 06-Dec-12

silaturahmi siang gan, salam kenal sebelumnya....moga sukses selalu amin

Erkisses pada 12:07 PM, 06-Dec-12

mampir yaa bray! biggrin
Internet Gratis Axis down-arrow
http://erkiss.heck.in/internet-gratis-axis-5-6-7-8-9-10-desemb.xhtml

sarilah ™ pada 06:26 PM, 06-Dec-12

waalaikumsalam
kalo kuffi murabba atau musattar kadang aku lihat di masjid sob sebagai hiasan.ternyata dari kota kufah ya.

lintang ipa pada 05:50 AM, 07-Dec-12

Wah ternyata ada banyak ya ragam jenis kaligrafi

ALFY FALLEN pada 09:59 AM, 07-Dec-12

kunjungan pagi,
lanjuTkan

subkhanallah,islam itu indah

irfan pada 05:50 AM, 08-Dec-12

tema baru yo?
gk bgi" ie,,,

irfan rudi santoso pada 05:51 AM, 08-Dec-12

tema bru? gk bgi" ie?

Si Kembar pada 08:11 PM, 08-Dec-12

assalamu'alaikum. Wah, dulu jg pas ngaji pernah diajari nulis kaligrafi khot pake pensil. ;D

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel xX0Xx pada 08:01 PM, 09-Dec-12

smilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmile
memang mantaaap.mks.Ditunggu kehadirannya & kunjungan baliknya ya

http://serpihanfb.mywapblog.com/bagian-121a-trik-trik-internet-gratis-ga.xhtml

Kode Rahasia HP Nokia ,hp Cina ,Sony Ericcson lebih Lengkap & Lebih Detail ?
boleh dipasang di navigasimu
http://serpihanfb.mywapblog.com/kode-rahasia-hp-lengkap-nokia-lebih-deta.xhtml

Ariel Doank pada 10:22 AM, 10-Dec-12

wow...seni itu memang indah.ijin follow gan. smile

aguskiyen pada 07:21 PM, 10-Dec-12

kunjungan malam hari

selam sejahtera

Symbian Mobile pada 02:26 PM, 12-Dec-12

Hadir untuk meramaikan blog sobat ,maaf telat. smile

Mampir ke blog ane ya http://anndre.heck.in/ .

m. Raihan pada 02:55 PM, 06-May-13

khot.a bguz2 . .

herry pada 10:44 AM, 30-Apr-14

saya suka dengan kaligrafi, cuma mau buat tapi dimana bisa download fontnya seperti yang mutalasiq

Langgani komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)